Sunday 1 March 2015

Ini Dia Penjelasan di Balik Misteri Gaun yang Dapat Berubah Warna

Belum lama ini, Dunia maya dibuat heboh dengan sebuah foto gaun yang menjadi bahan perbincangan banyak pengguna internet. Gaun itu membuat heboh karena tampilan warnanya yang berbeda-beda di mata pengguna internet (saya juga bingung kenapa gaun itu doang yang bisa terlihat beda warna di mata banyak orang :v) 
 
Gaun yang terlihat beda warna di banyak mata orang

Sebagian orang melihat gaun yang pertamakali diunggah ke akun Tumblr bernama Swiked ini berwarna biru-hitam, sebagian lagi melihatnya sebagai paduan putih-emas. Namun ada pula orang yang melihat gaun ini berganti-ganti warna setiap mereka melihatnya. Kenapa warna gaun itu bisa berbeda-beda pada tiap orang?

Pada 2009, ilmuwan dari University of Washington Amerika, Jay Neitz, telah melakukan sebuah penelitian tentang bagaimana otak manusia memproses cahaya yang berada di luar mata. Ia menjelasakan, terdapat sel yang berbentuk kerucut di dalam otak yang terhubung ke korteks visual (bagian terbesar dalam otak manusia) melalui saraf optik. Cara neuron (sel-sel saraf) memproses cahaya ini tergantung pada bagaimana otak Anda dihubungkan.

Jika Anda lebih sering menggunakan otak kiri, maka warna gaun yang Anda lihat adalah putih dan emas. Hal ini karena otak kiri Anda terbiasa memproses warna-warna terang seperti putih dan emas.

"Karena otak kiri Anda lebih mendominasi, banyak neuron yang berasal dari saraf optik terhubung ke belahan otak kiri. Orang-orang seperti ini lebih menggunakan logika dalam berpikir, unggul dalam perhitungan dan bahasa, serta lebih mudah mengingat lirik lagu daripada nadanya," jelas Jay seperti dikutip Wired.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan otak kanan untuk berpikir, maka tak heran warna yang muncul pada gaun adalah hitam dan biru. Karena belahan otak kanan memproses warna-warna gelap seperti biru dan hitam. Orang yang didominasi oleh otak kanan mempunyai banyak neuron dari saraf optik yang terhubung ke bagian otak kanan sehingga orang seperti ini memiliki kecenderungan lebih kreatif dan imajinatif.

"Berbanding terbalik dengan otak kiri, orang dengan kemampuan otak kanan yang lebih dominan mempunyai kegemaran terhadap dunia seni dan lebih mudah mengingat nada lagu ketimbang liriknya," ujarnya lagi.

Terlepas dari penjelasan ilmiah soal kenapa orang-orang melihat gaun tersebut dengan warna berbeda, akun Swiked akhirnya mengunggah foto gaun tersebut setelah dipakai di tubuh. Dia pun mengatakan gaun tersebut berwarna biru-hitam seperti terlihat pada foto. Meski demikian dia tetap merasa bingung kenapa ada orang-orang yang melihat gaun tersebut berwarna putih-emas saat dia pertamakali mengunggah foto busana tersebut.

Nah... jadi warna apa yang sobat lihat ?
Kalau saya sih melihat nya kadang biru-hitam, kadang putih-emas :v
Moga-moga ada yang sama kayak saya yah... :v

No comments:

Post a Comment